Search

Monday, May 13, 2024

Social Being = inevitable?

 

situasi kolam renang di hari Minggu 12 Mei 2024, saat aku datang sekitar jam 16.30

Setelah berhenti berenang selama beberapa bulan (mungkin lebih dari setengah tahun), hari Minggu 12 Mei 2024 aku berangkat berenang di The Club Sports Center perumahan Graha Padma. (FYI, aku sempatkan berenang saat menginap di Java Village, akhir Maret 2024.) Saat berenang, seorang perempuan yang kutengarai sebagai seorang instruktur berenang, menyapaku, "Sudah lama ga berenang Cik?" aku tersenyum untuk membalas sapaannya itu, sambil menjawab, "Iya." Ternyata dia melanjutkan pertanyaannya, "Kok tumben Cik lama ga berenang?" aku kembali hanya tersenyum dan menjawab, "Iya."

Seperti yang kutulis di tulisan Rezeki mbak terapis membolehkanku berenang hanya jika aku berenang dengan gaya bebas. Karena aku kurang piawai mengambil nafas jika berenang gaya bebas (parah ya? lol), berenang kali ini aku tetap menggunakan gaya dada (tangan) sedangkan kaki hanya kubiarkan mengambang di belakang. 

(Loh, jalannya pelan dong? iya, biar saja, kan bukan kompetisi ini, cuma untuk olahraga. haha ...)

Aku memberanikan berenang lagi karena aku merasa bersalah pada tubuhku yang biasanya kuajak berolahraga (meski hanya bike to work maupun berenang di hari Minggu, atau waktu ada tanggal merah libur Nasional) ini kok sudah berbulan-bulan kubiarkan saja 'menikmati' privilege. Dengan harapan cedera kaki segera pulih kembali. Namun kenyataannya tidak seperti yang kuharapkan. 

Dan ... sapaan instruktur berenang yang ramah itu membuatku berpikir, dimana pun kita berada, kita tidak bisa meninggalkan 'kemelekatan' bahwa kita ini makhluk sosial. Padahal saat rasa introvert-ku sedang akut-akutnya -- sehingga aku memilih hibernasi dari facebook selama hampir satu bulan terakhir ini -- kok ya aku tetap bertemu dengan orang yang ramah, lol. 

Facebook

harus diakui bahwa facebook adalah medsos yang memiliki kelebihan dibanding medsos lain yang saat ini aku cukup aktif. FB memiliki fitur yang membuat kita bebas untuk mengatur siapa-siapa yang bisa melihat postingan kita, dari satu post ke post yang lain. Aku yang sedang tidak ingin beramah-tamah dengan orang lain (this is sooo exhausting!) namun tetap ingin meninggalkan jejak yang bisa kulihat di tahun-tahun berikutnya, aku bisa menulis apa pun sesuka hati. Maka, post-post yang kubuat itu aku set private. It is as easy as pie. Nah, fitur favorit berikutnya adalah kita bisa menilik apa yang kita tulis di tahun-tahun sebelumnya, yang disebut ON THIS DAY. 

seafood resto baru yang terletak di samping THE CLUB

love the color of the sky!

PT56 11.16 13/05/2024

No comments: