Search

Tuesday, May 07, 2024

Detox medsos

 


Aku sempat stay away dari medsos -- terutama facebook dan WA -- selama kurang lebih 14 hari. Awalnya karena iseng. Ternyata setelah lebih dari 10 hari, aku merasakan satu hal positif: emosiku tertata rapi. Tidak grusa-grusu -- satu hal yang sering diprotes oleh Ranz maupun Angie -- karena biasanya kalau aku baru saja mengunggah sesuatu (entah gambar maupun 'hanya' status biasa) aku akan tergoda untuk mengintip ada yang komen ga ya? Hihihi …

 

Kalau malam tidak ada 'lampu' yang menyala di dekat wajah yang berasal dari screen gadget. Hoho … tidak ada pikiran yang membebani. (Gile bener memang, facebook ini -- terutama -- beneran addictive!) tidak ada hasrat untuk kepo 'kawan-kawan' maya sedang ngapain, mereka menulis apa, blahblahblah. Apalagi hanya sekedar, "waduh, aku ketinggalan gossip yang lagi hot di grup alumni nih." BLAS TIDAK ADA.

 

Hingga kemudian mamas bertanya, "Kamu beneran ga akan balik fesbukan lagi?"

 

Well, I haven't made any decision sih. Just follow my heart saja lah. Tapi, setelah berulang kali dia bertanya hal itu, aku pun bertanya kepadanya, "What? Do you miss to read my status on facebook?" he said he did. Owalaaaah. Lol.

 

"Lemme think what is the best thing to write there." jawabku, yang dia beri reaksi 'tertawa'.

 

Beberapa hari kemudian, aku iseng membuka facebook di akun alter. Yang terbaca pertama kali adalah satu status yang mengajak yang membaca status itu untuk mengghibah. Dan begitu saja, emosiku langsung terserap. Aku lelah. Aku pun memutuskan untuk stay away from facebook longer. Ga usah nyetatus dulu deh.

 


Saat melihat premiere THE FALL GUY di akun IG Lee Majors, aku sempat tergoda, well, mungkin topik ini akan menjadi topik pertamaku untuk come back di facebook? A HAPPY FAN WHO SEES HER IDOL LOOK SO HAPPY AND HEALTHY IN HIS 85 YEARS OF AGE! Sebelum itu, aku mencoba membuka facebook, masih di akun alter lagi. Kali ini yang langsung terpampang di mataku adalah meme hari pendidikan nasional. Ada satu komentar yang entah mengapa kembali membuat emosiku teraduk. "Why did she write such comment?" I was talking to myself. Akhirnya aku kembali memutuskan untuk lebih lama hibernasi.

 

Saat cerita tentang hal ini ke Angie, dia pun komen, "mengapa teman-teman facebook Mama menulis hal-hal seperti itu di wallnya?" ha ha … ga tahu dia bahwa kawan-kawan facebook-ku, di usia mereka yang sudah senior -- lebih dari 45 tahun -- bisa menulis status ala teenagers, untuk menarik perhatian orang. Kemudian akan mengghibah bareng-bareng. Wkwkwkwk … 

 

(Mungkin bagi Angie masih mending status-status gombal retjeh nyokapnya yak? ga ngajakin orang mengghibah kan ya. wkwkwkwk)

 

6 Mei aku mencoba membuka akun utamaku, Nanna Lee, untuk ngecek 'on this day' dan foto-foto pribadi yang aku minta Angie untuk mengunggahnya. Tanpa sengaja aku membaca satu status kawan, yang di akhir tulisannya dia nyinyirin wapres terpilih tahun 2024 - 2029. emosiku kembali teraduk.

 

Duh. Nampaknya memang aku masih belum siap mental untuk kembali fesbukan.

 

MS48 13.21 07/05/2024

 




No comments: