Search

Tuesday, May 07, 2024

SEPUR UAP JALADARA

 


meski sekian bulan lalu saat Ranz pertama kali bilang bahwa sekarang naik kereta api uap Jaladara dibuka untuk umum -- ada open trip khusus untuk itu -- aku bilang ke Ranz aku tidak tertarik, akhirnya malah aku yang menawari Ranz dia mau naik Jaladara ga, mumpung ada open trip di tanggal 15 April 2024. kebetulan, aku pas ke Solo tanggal 14 April itu, tanggal ulang tahunnya Ranz.  kebetulan (lagi) 15 April itu masih terhitung 'cuti bersama' dalam rangka lebaran. 

Senin 15 April 2024, kami bertiga -- aku, Ranz, dan Deven -- tiba di stasiun Purwosari sekitar pukul 09.45. kami butuh 'munching' sesuatu sebelum ikut tour naik Jaladara. dan karena hari itu Ranz terkesan malas bangun pagi, kami ga bisa pergi ke somewhere (pengenku sih sarapan soto Hj. Fatimah) karena waktunya mepet. kami 'munching' sesuatu di satu warung yang ada di stasiun Purwosari. eh, ternyata tahu bakso yang dijual di situ enak, dan nasi kucingnya pun lumayan rasanya.

kali ini, kami ikut open trip yang diadakan oleh Kunafa Tour, harga tiket Rp. 100.000,00 per orang. 


di stasiun Kota

 

Perjalanan dimulai dari stasiun Purwosari, pukul 10.30. kami mampir di Loji Gandrung -- berhenti sebentar untuk berfoto-foto; lalu ke Museum Batik Danarhadi, untuk berfoto-foto juga, bagi yang ingin masuk museum, kudu membeli tiket sendiri di lobby museum. Pemberhentian berikutnya adalah Gedung Djoeang 45. Bagi yang ingin berkunjung ke gedung ini, mereka dipersilakan turun. Setelah itu, kereta akan terus melaju ke stasiun Kota / Sangkrah. 

Sesampai di stasiun Kota, lokomotif kereta Jaladara akan berputar, lalu perjalanan akan kembali menuju rute awal: menjemput para peserta yang jalan-jalan di Gedung Djoeang, kemudian terus melaju ke titik pemberangkatan: stasiun Purwosari. 

MS48 18.18 0/05/2025








 

N. B.:

pulangnya, kami dijemput ayahnya Ranz dan kakaknya. kami lalu makan siang di Kedai 69, di daerah Cemani. Ini penampakan selat Solo Kedai 69. semula aku pengen makan siang di Tenda Biru, tapi ternyata fully-booked! maklum, selama lebaran, rumah makan ini tutup! maka, di hari terakhir cuti bersama lebaran, Tenda Biru diserbu pelanggannya 😃

kuahnya enak, tapi galantinnya kurang nendang


No comments: