Search

Wednesday, May 29, 2024

Menolak (merasa) tua

 


Beberapa hari yang lalu, aku berbincang tentang hal yang mirip-mirip ini dengan mamas. Dia habis nonton satu video NAS DAILY tentang usaha seseorang untuk memiliki umur panjang.

 

"Mungkin saja kita bakal berumur panjang, tapi kok rasanya sia-sia ya?" katanya.

 

Karena aku ga paham aku memintanya menjelaskan apa maksudnya "berumur panjang tapi rasanya sia-sia." Ternyata, di video itu si bintang tamu menjabarkan usahanya agar bisa berumur panjang; misal tidak boleh terlalu lelah, harus sudah tidur jam 7 malam, tidak boleh makan makanan yang begitu begini, and so on and so forth.

 

"Jika terlalu banyak pantangan seperti itu, yang menurutku itu sama dengan tidak menikmati hidup, lalu buat apa orang memiliki umur panjang?" lanjutnya.

 

"Oh ya, plus satu lagi, jika ingin berumur panjang jangan menikah, jangan punya suami/istri, jangan punya anak."

 

Whaiki … bener-bener ribet. Hahahahahaha …

 

Lee as Steve Austin in 1970s

Sebagai respons kisah yang dia ceritakan kepadaku, aku bercerita tentang kekepoanku dengan cara hidup Lee Majors. Jika dilihat film-film yang dibuat saat Lee masih muda -- misal The Big Valley, The Six Million Dollar Man, The Fall Guy -- di film-film itu dia nampak banyak minum bir. Padahal setahuku bir ini merupakan salah satu minuman yang kurang sehat jika kebanyakan minumnya. Dan, setahuku Lee operasi pasang ring di jantungnya di tahun 2002. And we all know, di tahun 2024 ini, Lee berulangtahun ke-85! Dia masih muncul sebagai cameo di film layar lebar The Fall Guy; aku juga tahu dia main di film Renegades yang dilaunching tahun 2022, yang berarti dia shooting di tahun 2021, saat dia berusia 82 tahun. Di postingan Lee di akun IG-nya, waktu ulang tahun ke-85 bulan April kemarin, dia nampak naik kayak! Isn't he amazing?

 

"Kira-kira, how is Lee's daily lifestyle so that he has a long life?" tanyaku, retoris. Tentu saja mamas tidak bisa menjawabnya. Ha ha …

 

Clint Eastwood

Hari ini, di medsos yang sempat kuintip sebentar, ada orang yang menulis tentang Clint Eastwood yang tahun ini berulang tahun ke 94! Kata Clint, salah satu kunci 'rahasia' dia bisa berumur panjang dan tetap berkarya adalah dia terus kudu merasa muda, dan terus bekerja. Jangan pernah merasa tua! Sementara si penulis status tentang Clint ini mengaku sudah merasa tua meski dia baru berusia 60an tahun. Hari-harinya dia habiskan dengan … tidak banyak kegiatan! Mungkin karena dia sudah pensiun?

 

Aku jadi ingat waktu kuliah di Program Studi American Studies. Salah satu dosen yang mengajar pada waktu itu adalah seorang dosen senior, berusia 70 tahun. She amazed me at that time. Bahkan di usianya yang ke-70, si Ibu masih mengajar! (Sayangnya aku lupa nama beliau sekarang. Maklum, ada yang menulariku menjadi pikun. Awokawokawok. It is always nice to have a scapegoat, you know that? Lol.) Waktu itu aku pun berkata pada diri sendiri, jika masih diperlukan, aku tentu masih mau mengajar sampai di usia sesenior itu.

 

guess how old I was when this pic was taken 😎😆

 

Sekarang, aku masih sering merasa berusia 36 tahun (uhuy!) mengapa 36 tahun? Karena kurasa angka 36 itu angka yang seksi. Ha ha … semoga, seberapa pun usiaku, aku tetap seperti sekarang: MERASA BERUSIA 36 TAHUN.

 

insyaAllah! (Nana macak sebagai ustadzah nan relijiyes. 😂😃😄)

 

MS48 17.43 2905/2024

 

No comments: