Search

Friday, August 16, 2024

Lagi-lagi, Jilbab!

 


Sudah cukup lama saya tidak 'tergoda' untuk menulis hal ini. Anggap saja saya sudah pasrah, lol, biarlah Indonesia mau menjadi apa.

 

Saat pertama kali saya melihat foto anggota paskibraka 2024 yang beredar luas di media sosial, saya langsung tertarik karena tak terlihat satu pun anggota perempuan yang mengenakan penutup kepala. Wahhh, apakah karena upacara 17 Agustus tahun 2024 ini diselenggarakan di IKN = Ibu Kota NUSANTARA? Kalau NUSANTARA ya selayaknya tampil khas Nusantara dong, tanpa penutup kepala.

 

Sungguh saya (tidak) sangka jika kemudian foto yang beredar luas itu bakal memantik polemik berkepanjangan di tengah masyarakat konoha, eh, Indonistan, eh, Indonesia (?). Muncul petisi-petisi blablabla … Jujurly, saya berharap, yang menentukan peraturan bahwa anggota paskibraka Nasional tidak ada yang mengenakan atribut khas satu agama tetap keukeuh dengan peraturan itu. Dan ketika akhirnya BPIP menarik peraturan itu, saya kecewa mengetahuinya, meski saya bisa meramalkan bahwa itu pasti akan terjadi.

 

Honestly, kalau begini, saya jadi kangen masa lalu (sebelum RUU APP disahkan) di mana tidak ada sesama perempuan yang menstigma perempuan lain hanya gegara tidak mengenakan atribut keagamaan. Di mana di dalam kelas, dengan mudah saya bisa membedakan yang mana yang bernama Nafisah, Mita, Pitaloka, bla bla bla karena kepala mereka tidak ditutupi.

 

PT56 10.18 16/08/2024

 

yang barangkali tertarik membaca tulisan-tulisanku tentang jilbab, bisa klik link ini

No comments: