Search

Tuesday, August 20, 2024

Hey Jepara! Long time no see! Day 2

 


Minggu 18 Agustus 2024 Pantai Kartini & Pulau Panjang

 

Semalam suara gaduh dari luar penginapan tetap terdengar sampai midnight! Ini berarti aku belum bisa terlelap sampai tengah malam. Ini salah satu excuse mengapa meski alarm berbunyi pukul lima pagi, aku lanjut molor sampai jam enam. Ha ha …

 

Saat aku melongok ke luar kamar sekitar jam 06.15, di tempat parkir penuh sepeda motor yang terparkir. Entah jam berapa orang-orang yang naik motor-motor itu datang datang semalam, karena ketika kami kembali ke kamar, tempat parkir di depan penginapan itu masih kosong!

 

Jujurly, aku ingin lanjut molor lagi, lol, tapi, aku kok ya pengen jalan-jalan sampai 'ujung' ya? Akhirnya aku mengajak Ranz jalan-jalan sampai ujung. Di sebelah 'sana' ternyata sudah ada beberapa warung makan yang sudah buka, sudah menyiapkan tikar untuk alas duduk dan 'bean bag' untuk pengunjung di pinggir laut. Mereka menawari kami untuk mampir, tapi Ranz yang tidak biasa sarapan sepagi itu tentu menolak. Aku sendiri merasa ga nyaman jika langsung mampir, lha Angie masih molor di penginapan.

 

Menjelang jam 7 kami sudah balik ke penginapan, lalu mandi agar jam 8 sudah siap untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Ternyata Angie sudah melek dan jalan-jalan di sekitar penginapan.

 

Jam 8 kami sudah sampai dermaga perahu untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Satu orang membayar tiket Rp. 30.000,00. Di sini, Deven dihitung sama dengan yang dewasa. Hoho … Kebetulan sebelum kami membeli tiket, sudah ada satu keluarga yang membeli tiket -- suami istri dan 2 anak yang masih kecil-kecil, lebih muda ketimbang Deven yang berusia 10 tahun tahun ini. So, kami pun langsung diberangkatkan naik perahu Sapta Pesona, ga pakai nunggu.

 


 

Perjalanan memakan waktu hanya 15 menit. Meski belum ada jam 9 saat kami sampai Pulau Panjang, panas sang mentari sudah terasa sangat menyengat! Jadi rada malas mau foto-foto di pinggir pantai dengan pasir putih dan laut yang airnya berwarna biru itu, malas kalau pulang-pulang warna kulit sudah keling. Wakakakakaka … padahal ya sebenarnya ingin nyemplung air, seperti waktu main ke Gili Ketapang. 'Sayangnya' di Pulau Panjang tetap belum ada penginapan, nampaknya. Jika ingin menginap di sini -- agar bisa main di pantai berpasir putih di sore hari agar warna kulit tidak mendadak keling -- terpaksa ya tetap camping, seperti pengalaman kami di tahun 2016.

 

To our surprise, di dekat pantai tempat kami dulu camping, sudah banyak warung-warung makan (di tahun 2016 lalu, masih sangat jarang!) dan banyak tenda yang nampak terpasang di 'camping ground' situ. To our disappointment, mereka yang camping di situ nampak jorok banget. Hikss … Well, resiko sih jika banyak orang yang camping. Jadi ingat di tahun 2015 waktu aku dan Ranz ke sini, area untuk camping itu masih kosong, terasa luas untuk berlarian sambil foto-foto. Sekarang? Boro-boro dah.

 

Meski begitu, aku menikmati warung-warung yang sudah ada. Mereka menyediakan tikar-tikar di dekat pantai, di bawah pohon-pohon, jadi lumayan sejuk. Angie yang sudah kelaparan, langsung bilang mau sarapan. Dia memilih menu indomie goreng + telur, aku memilih lontong pecel, Deven nasi goreng, sedangkan Ranz memesan indomie goreng + telur setengah matang. Ternyata setelah datang, bukan telurnya yang dimasak setengah matang, melainkan indomie-nya yang dimasak setengah matang, lol.

 

Deven nampak sangat menikmati main pasir sampai-sampai dia ga segera sarapan jika tidak kami paksa.

 

Pukul 10.30 aku sudah mengajak beranjak dari situ, untuk jalan-jalan 'masuk hutan'. Seingatku, hutannya itu dulu cukup sejuk sehingga jika kita berjalan-jalan, ga akan terlalu terpanggang sinar matahari. Well, tentu ada bagian yang rada gersang, tapi masih terhitung sejuklah. Sekarang? Tetap terasa panas!

 

Kami tidak jalan jauh-jauh, karena aku pikir kami masih butuh beristirahat di penginapan, ngadhem setelah kepanasan. Setelah sampai di satu gardu pandang, kami berhenti, foto-foto, lalu kembali ke dermaga, untuk kembali ke Pantai Kartini.

 

Setelah menyeberang balik ke Pantai Kartini, Angie minta dibeliin es teh. Untunglah teh yang dijual di dekat dermaga itu rasanya lumayan, ketimbang es teh yang kubeli di pantai Bandengan, terasa banget itu pakai air tanah, bukan air mineral, karena rasanya rada-rada asin. Hikss …

 

Pukul 11.30 kami kembali ke penginapan. Aku dan Angie mandi, Deven juga karena dia kan main di air laut. Lalu kami packing. Jam 12.30 kami meninggalkan penginapan, karena sudah ditanya yang jaga, "mau nambah menginap semalam lagi atau mau keluar?" lol.

 

Karena kami memesan travel untuk kembali ke Semarang pukul 14.00, kami duduk-duduk di yang jualan minuman dekat dermaga penyeberangan ke Pulau Panjang, karena rasa tehnya lumayan. Sambil menunggu, Ranz dan Deven nyewa motor trail mainan.

 

Pukul 13.35, Ranz sudah mengajak keluar dari kawasan Pantai Kartini, menuju spot yang ditunjuk sopir travel kemarin, untuk menunggu dijemput. To our surprise, di sana banyak sekali mobil yang terparkir. What are those people doing? Or waiting? Ternyata o ternyata, mereka adalah sopir taksi online -- yang kali itu bekerja offline, tanpa menggunakan aplikasi -- yang menunggu penumpang/turis yang turun dari kapal ferry dari Karimun Jawa. Aku sempat ditawari, tapi karena kami sudah buking tiket travel, aku tolak.

 

And … to our disappointment, armada travel yang kami pesan -- semeru -- tidak kunjung datang bahkan sampai lebih dari jam 14.00. Ranz yang sudah buking tiket travel jam 17.00 untuk kembali ke Solo sudah nampak resah dan uring-uringan. Akhirnya armada travel itu datang jam 14.15. Tapi, saat sopir menyebut nama-nama penumpang, nama kami berempat tidak disebut. Semua penumpang itu adalah mereka yang baru pulang dari Karimun Jawa.

 

Aku pun mendesak bertanya pada sang sopir apakah masih ada armada lain dari semeru? Jawabnya, ada, sedang otw ke Pantai Kartini. Oke. Kami tunggu.

 

7 menit kemudian, ada armada lain datang. Entah mengapa feelingku mengatakan kayaknya kami ga bakal terangkut lagi nih. Di sekitar kami masih banyak orang-orang yang baru turun dari kapal. And … it was true! Nama kami berempat tidak dipanggil lagi. Saat aku bertanya kepada sopir, dia bilang dia tidak tahu apa-apa, kami diminta bertanya pada CS.

 

Aku pun kepikiran untuk naik taksi online saja, agar tiket travel Ranz ke Solo tidak hangus. Tapi, sekaligus meminta Ranz kalau bisa me-reschedule keberangkatannya, dari pukul 17.00 ke pukull 18.00. well, aku tahu biasanya travel Arag** itu sering fully-booked, but who knows. Ye kan? Akhirnya Ranz pun berhasil reschedule, dan … pihak CS travel semeru minta maaf ke Ranz karena nama kami berempat tidak tercantum dalam travel keberangkatan jam 14.00 dengan alasan ada satu armada yang rusak. Dan kami ditawari untuk refund. Uteke!!!

 

'untunglah' masih banyak mobil taksi offline di sekitar kami. Akhirnya kami pulang ke Semarang dengan naik mobil taksi itu, dengan biaya Rp. 450.000,00 sampai di Taman Kasmaran. Kami meninggalkan Pantai Kartini sekitar pukul 15.00, dan sampai di Taman Kasmaran pukul 17.10. Syukurlah.

 

Ini hari Selasa 20 Agustus. Aku masih menunggu proses refund uang yang sudah kami bayarkan.

 

PT56 15.09 20/08/2024

 

No comments: